Tips Memulai Bisnis Usaha Kuliner Agar Terus Kebanjiran Pelanggan

November 28, 2017
Menggeluti dunia bisnis terutama bisnis kuliner pasti tidak akan matinya, jadi tidak heran lagi kalau banyak sekali orang yang membangun usaha kuliner ini sebagai bisnis sampingan yang menguntungkan, bukan hanya itu saja peluang aset di bisnis ini sangat terbuka luas dan peminatnya juga sangat banyak.
Tips Memulai Bisnis Usaha Kuliner Agar Terus Kebanjiran Pelanggan
Tahukah kamu semua bisnis yang dijalankan itu tidak semudah yang kita katakan sebab harus ada perjuangan yang keras agar bisa mendapatkan usaha kuliner yang menjanjikan

Untuk mewujudkan menjadi seorang pembisnis yang sukses kamu harus cerdas dalam berinovasi salah satunya kreatifitas yang dimiliki, hal ini bertujuan untuk mengalahkan persainsan bisnis, tetapi sebelum memulai terjun di bisnis makanan lebih baik kamu memulai bisnis kuliner modal kecil.

Nah, kalau kamu penasaran apa saja cara awal memulai usaha kuliner yang paling laku agar terus kebanjiran pelanggan, maka simak saja artikel dibawah ini dengan baik.

Bagaimana Tips Memulai Bisnis Makanan Yang Menguntungkan

1. Cara Awal Tentukan TARGET PASAR

Semua bisnis pasti awalnya harus menentukan target pasar, jika dari awal kamu tidak peduli tips ini pasti usaha kuliner kamu kesulitan sekali untuk mendapatkan pelanggan. Biasanya target pasar bisa meliputi banyak hal contohnya kamu harus bisa menargetkan "siapa sosok pembeli saya ?". Kalau pelanggan kamu anak muda berarti kamu harus bisa merancang usaha kuliner khas anak muda.

Artikel Rekomendasi nih Mau Memulai Bisnis Online, Perhatikan Ini Dulu Sebelum Gagal (WAJIB)

Alangkah lebih baik tentukanlah target pasar secara spesifik, mulai dari umur,gaya hidup, dan pendapatan. Saya berikan contoh lagi misalnya kamu ingin memulai usaha kuliner di dekat kampus mahasiswa berarti kamu harus menyesuaikan passion anak muda, seperti membuat warung kopi ataupun cafe.

Tentunya hal ini akan membuat usaha makanan unik dan kreatif khusus anak muda, jangan lupa juga untuk selalu membiasakan bersikap ramah agar usaha kamu semakin laris.

2. Tentukan Lokasi Yang Strategis

Menentukan lokasi yang strategis bisa membuat usaha kamu lebih menguntungkan, kalau lokasi yang kamu pilih tidak cocok untuk usaha kuliner maka janganlah membuka usaha di tempat tersebut sebab akan membuat usaha kamu mati perlahan.

Menurut survei, bisnis usaha yang cocok untuk di kembangkan adalah pemilihan tempat yang strategis seperti kepadatan penduduk, semakin ramai penduduk di lokasi tersebut maka semakin ramai juga pembeli makanan kamu.

3. Selalu Berinovasi

Dari tahun ke tahun persaingan bisnis semakin meroket saja, kalau kamu ingin bersaing dengan brand kuliner ternama maka kamu harus pintar dalam berinovasi. Bisnis kuliner memang sangat identik dengan makanan unik dan kreatif, contohnya dari segi tampilan dan rasa makanan tersebut.

Namun perlu di ingat, inovasi kamu harus tertarget ke pasaran, misalnya seperti ini kalau kamu ingin menjual makanan untuk anak sekolah SD berarti kamu harus cerdas dalam berinovasi di bidang kuliner contohnya warna makanan tersebut.

Baca juga ya 5+ Rahasia Bisnis Online Tanpa Modal Dijamin Menghasilkan Banyak Untung

Jadi pembeli tidak akan bosan untuk menikmati makanan buatan kamu, tentunya hal ini bisa di jadikan sebagai acuan usaha kuliner yang menjanjikan.

4. Memilih Supplier Yang Tepat

Pemasok atau supplier produk memang perlu di perhatikan karena kualitas rasa yang dibuat berasal dari supplier tersebut, apabila kamu ingin memulai usaha kuliner maka hal yang harus diperhatikan adalah cerdas dalam memilih supplier produk makanan ringan.

Tetapi kamu harus berhati-hari dalam memilih supplier, saran saya pilihlah supplier yang terjamin kualitas produk makanannya.

5. Hitung Modal Harga Bahan

Hal yang harus kamu ketahui dalam cara memulai bisnis kuliner adalah menentukan secara keseluruhan modal yang telah di keluarkan, hitunglah modal bahan tersebut, sebab saat ini ada sebagian bahan yang harganya cukup mahal.
Jika kamu sudah menghitung modal yang sudah di keluarkan, maka langkah selanjutnya kamu harus menentukan nilai jual kuliner makanan tersebut agar untung yang didapatkan lebih banyak.

6. Minimal Memiliki Pengetahuan Dan Keahlian

Tips yang sering di asah selalu oleh seorang pembisnis adalah pengetahuan dan keahlian mereka sebab hal ini bisa mendongkrak penjualan bisnis makanan ringan yang menguntungkan.

Jika kamu mempunyai keahlian atau pengetahuan pastinya akan selalu ada ide-ide terbaru yang harus kamu lakukan.

Jadi dari ide tersebut kamu dapat menentukan makanan yang unik dan pastinya beda dengan brand lainnya.

7. Cerdas Menjaga Reputasi

Menjaga reputasi usaha kuliner memang sering dilupakan pembisnis, mereka banyak beranggapan hal ini tidaklah penting, padahal hal tersebut salah besar karena menjaga reputasi adalah tips meningkatkan penjualan

Jika pelanggan kamu kecewa terhadap pelayanan, maka reputasi kamu akan buruk sekali di pandang pembeli.

Ketika memulai usaha kuliner usahakan sajikan lebih kepada pelanggan, sebab pelanggan adalah RAJA.

8. Gunakan Internet Untuk Pemasaran

Dunia online semakin berkembang pesat, kebanyakan orang lebih aktif di dunia online dari pada dunia nyata, peluang ini bisa kamu manfaatkan untuk tempat marketing online yang strategis sehingga usaha kuliner kamu bisa dikenal banyak orang.

Artikel terpopuler tahun ini 10 Peluang Usaha Sampingan Paling Ngetop Untuk Pelajar Masa Kini

Walaupun kamu tidak menggunakan produk, tetapi kamu dapat menawarkan usaha kamu supaya dapat dijangkau lebih luas oleh pembeli. Ada banyak sekali media sosial yang bisa kamu gunakan sebagai tempat promosi, contohnya facebook,instagram,BBM,WhatsApp,dan lain-lain.

9. Sabar Menjalani Usaha

Memulai bisnis atau usaha kuliner memang tidak semudah yang kita bayangkan, sebab kamu harus siap menghadapi yang namanya pengorbanan. Memang pada awalnya bisnis kuliner jarang sekali laku, tetapi jika kamu konsisten mengikuti cara diatas terutama pemasaran maka akan cepat sekali kebanjiran pelanggan.

Jadi intinya kamu harus bersabar dan terus berdoa agar bisa lebih laku..

Demikianlah artikel tentang tips memulai usaha kuliner semoga artikel ini dapat membantu atau menambah wawasan kamu di dunia kuliner.

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔